Jumat, 23 Maret 2012

Resensi Buku


Data Publikasi
a)      Judul Tulisan                           : Scanning Antivirus dan Malware Gratis.
b)      Nama Penulis                          : M. Zamakh Syarifani.
c)      Penerbit                                   : Andi Yogyakarta (CV. Andi Offset).
d)     No. Tanggal Penerbitan          : ISBN : 978-979-29-0932-6.
e)      No. Halaman                           : 26 s/d 31.
f)       Tema                                       : Tips Dahsyat bagi komputer anda.

Ringkasan
            Anda mungkin gemar mencoba program dengan crack atau patch yang disebar melalui Internet. Sekali lagi, berhati-hatilah jika menggunakan software atau situs kelas merah karena tidak semua yang gratis memang gratis. Sepertinya memang terlihat aman, namun ternyata ada maksud tertentu.
            Situs kelas merah biasanya memasukkan malware ketika user membuka halaman sampai mencoba membuka fiel video. Area ini paling tidak aman karena secara tidka langsung komputer sengaja dibawa ke daerah berbahaya. Hasilnya bias saja komputer terinfeksi malware sampai virus. Jebakan yang paling ganas ketika sebuah situs menawarkan video ”dalam tanda petik”. Ketika di-click, komputer diminta men-download fiel Codec yang biasanya berbentuk Exe. File ini biasanya diisikan virus atau memang sebuah virus.
            Menggunakan program crack atau patch yang disebarkan melalui jaringan P2P sampai free hosting ternyata banyak terkait dengan penginkfesian malware. Seacar tidak disengaja, sebenarnya Anda sudha menyutikkan virus atau malware ke dalam komputer Anda sendiri dengan memakai patch atau crack yang disebarkan via internet.
            Mungkin menjadi pertanyaan, mengapa para kriminal menyebarkan virus dan malware di daerah tersebut. Jelasnya, daerah tersebut merupaka daerah favorit bagi penggemar program kopian, baik game gratis, software gratis smapai tools gratis dan gambra serta video gratis dalam tanda petik. Sarana P2P seperti Bittorent misalnya, memiliki koneksi user paling banyak. Untuk itu, tidak heran jika penyebaran melalui media ini akan efektif menyebarkan virus atau malware.
            Malware biasanya berbentuk program atau script kecil yang secara disengaja masuk ke dalam komputer. Media ini yang memiliki tugas khusus seperti mengambil virus dan program malware lain untuk kembali menginfeksi komputer.
            Kategori kerusakan malware ringan biasanya tidak ada, kecuali menggangggu kinerja program pada komputer dan mengambil sedikit koneksi komputer.
Keunggulan
            Anda sering kali tidak mengetahui kapan komputer telah terinfeksi oleh malware, sementara Antivirus Anda jarang di-update. Baik malware ataupun virus, keduanya memang berbeda, tetapi perbedaannya sangat tipis. Untuk mengetahui apakah komputer Anda terinfeksi malware atau virus, Anda bisa menggunaka software gratis dibawah ini dan luangkan waktu untuk memeriksa komputer Anda.

v  Norman Malware
Software ini mampu mendeteksi virus dan malware secara gratis. Memang software ini memiliki kapasitas yang cukup besar, tetapi memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari file apa saja yang terindikasi sebagai virus.

v  Stinger
Software ini memiliki kemampuan daya jelajah lebih kecil atau hal yang penting saja untuk diperiksa. Walau daya jelajahnya terbatas hanya untuk hal yang penting saja, namun software ini memiliki kinerja yang cukup bagus.

v  Antivirus via web base
Bila semua software yang disebutkan di atas telah di coba, namun tidak membuahkan hasil. Jangan khawatir, karena masih ada satu lagi, yakni antivirus via online. Perusahaan antivirus menyediakan scanning gratis untuk memeriksa komputer Anda. Di bawah ini nama-nama situs yang memberikan pemeriksaan gratis melalui online web scanning antivirus.
1.      Kapersky Online Scanner.
2.      BitDefender Online Scanner.
3.      Symantec Security Check.
4.      Panda ActiveScan 2.0.
5.      CA Antivirus Web Scanner.







Kelemahan
            “Tak ada manusia yang sempurna”. Kalimat tersebut memanglah benar adanya, karena kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT semata. Begitu juga dengan kemampuan dari software-software Antivirus yang ada pada saat ini. Tidak sedikit di antara semua software antivirus memiliki kekurangan dalam kinerjanya untuk scanning komputer. Dari penjelasan keunggulan software-software Antirus di atas, kita bisa menemukan beberapa kekurangan yang dimiliki di setiap Antivirus tersebut.
v  Norman Malware
Software ini mampu mendeteksi virus dan malware secara gratis. Dan juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mencari file yang terindikasi sebagai virus.
Namun, kekurangan dari software antivirus ini adalah Norman Malware dengan segera langsung menghapus file yang dicurigai sebagai virus atau malware, baik yang sedang bekerja pada sebuah komputer maupun yang terdeteksi ketika proses scanning berlangsung.

v  Stinger
Tidak di pungkiri, stinger memiliki kemampuan daya jelajah yang lebih terperinci, yakni software ini hanya memeriksa bagian atau hal yang penting saja.
Namun, kekurangan dari software Antivirus ini adalah hanya mampu mendeteksi malware dan virus skala besar yang dianggap kategori berbahaya. Walau kinerja software ini cukup bagus, tetapi kalah kemampuannya bagi pengguna biasa yang sering keluar masuk daerah merah di jalur internet.

Pendapat Akhir / Saran
            Jangan pernah merasa aman jika Anda menggunaka antivirus, terlebih antivirus Anda tidak pernah di-update. Kemudian bedakan fungsi antivirus dan malware. Jika Anda ingin membeli antivirus, belum tentu komputer mendapatkan pengamanan secara maksimal terhadap malware dan sebaliknya.
            Malware berbeda dengan virus. Malware dibuat untuk tujuan khsus dan bersifat membantu, namun umunya mengganggu, tetapi tidak merusak. Sementara itu, virus bias dimanfaatkan sebagi program nakal dengan tujuan beragam. Baik sekedar mencuri data pribadi, membuka pintu bagi komputer lain agar bisa menyusup ke dalam komputer Anda dan sebagainya. Sekali lagi, Malware dan Virus sangat sulit dibedakan. Sekarang ini, virus dan malware terlihat hampir mirip, tetapi berbeda fungsi. Untuk keamanan komputer Anda, upayakan memeriksa komputer dan meng-update Antivirus Anda secara rutin. Selain itu, gunakan juga software Antimalware atau software yang memiliki kedua fitur tersebut. Jika tidak mau membeli software asli, media gratis seperti scanning gratis, baik dari tools maupun wbsite, akan sangat membantu.

1 komentar:

  1. Thanks untuk infonya,
    Boleh dong kunjungan baliknya ke tulisan terbaru saya ^_^
    Cek ya di Antivirus yang bagus untuk Komputer / Laptop atau kunjungi juga web saya di Toko Komputer Indonesia

    BalasHapus