Jumat, 23 Maret 2012

KIPER PENJEBOL GAWANG LAWAN

Menjebol gawang lawan tentu saja bukan hak prerogatif striker. Kiper pun bisa melakukannya. Di Premier League, meski belum banyak, tapi ada tukang jaga gawang yang bisa pula menjebol gawang tim lawan.Kiper pertama yang berhasil melakukannya adalah Peter Schmeichel. Mencetak gol sesungguhnya bukan hal yang mengejutkan buat kiper legendaris Manchester United ini karena sepanjang karirnya dia mampu membukukan 10 gol.
Khusus di Liga Inggris dia cuma membukukan satu gol, itu pun tidak bersama "Setan Merah". The Great Dane melakukannya bersama Aston Villa di musim 2001/02.
Sayang, sumbangan satu golnya tetap tak mampu menyelamatkan Villa dari kekalahan 2-3 atas Everton.Nasib Schmeichel setali tiga uang dengan Brad Friedel.
Meski mencetak satu gol ke gawang Charlton Athletic pada 21 Februari 2004, dia tetap tak bisa menghindarkan klubnya, Blackburn Rovers dari kekalahan 2-3.Kiper terakhir yang bisa mencatatkan namanya di papan skor adalah Paul Robinson. Aksi Robinson menjebol gawang Watford pada 17 Maret 2007 berakhir dengan kemenangan Tottenham Hotspur 3-1.
Jika umumnya kiper mencetak gol dari screeming bola mati di menit-menit akhir atau via tendangan penalti, Robinson melakukannya lewat eksekusi tendangan bebas. Uniknya, free kick-nya tersebut tidak di daerah berbahaya tim lawan, melainkan dari areal permainan sendiri. Dari jarak 88 meter, bola tembakan Robinson melayang jauh, memantul di kotak penalti Watford dan kiper Ben Foster melakukan blunder untuk mengantisipasi.
Bola pun masuk gawang.
Gol itu kemudian tercatat sebagai gol terjauh dalam sejarah Premier League

Tidak ada komentar:

Posting Komentar