Senin, 06 Desember 2010

Rusia Tuan Rumah Piala Dunia 2018, Qatar 2022


FIFA menetapkan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Ada pun host untuk Piala Dunia 2022 dipercayakan kepada Qatar.

Penetapan tersebut dilakukan pada Kamis (2/12/2010) malam WIB. Negeri Beruang Merah mengalahkan Inggris, Spanyol-Portugal, dan Belanda-Belgia. Ini merupakan kali pertama Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Sementara itu untuk Piala Dunia 2022, FIFA menunjuk Qatar sebagai host. Negeri Timur Tengah itu mengalahkan Jepang, Australia, Amerika Serikat, dan Korea Selatan. Ini juga kali pertama Qatar menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola empat tahunan itu.

Rusia melamar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 pada 15 Januari 2009. Ketika itu presiden asosiasi sepakbola Rusia Vitaly Mulko menyatakan bahwa negara pecahan Uni Soviet tersebut siap menggelontorkan dana 10 miliar dollar AS demi penyelenggaraan turnamen.

Rusia menyediakan 14 kota penyelenggara. Lima stadion baru diharapkan siap pada tahun 2013, yakni dua di Moskow dan masing-masing satu di St. Petersburg, Kazan, dan Sochi.

Sementara Qatar juga mengajukan lamaran pada 15 Januari 2009. Satu kendala yang dihadapi Negeri Timur Tengah ini adalah cuaca panas yang mencapai 30 hingga 40 derajat celcius di pertengahan tahun di mana Piala Dunia digelar.

Panitia bidding menyatakan bahwa mereka siap mengoperasikan stadion ber-AC untuk mengatasi masalah itu.

Untuk Piala Dunia, Qatar menggunakan motto Expect Amazing sementara Rusia memakai slogan Ready to Inspire. Dunia kini menanti inspirasi yang akan datang dari Rusia dan juga keajaiban yang bakal dihadirkan Qatar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar