Minggu, 05 Desember 2010

Jejaring Sosial, Simbol, dan Realita Identitas


"Ketika Jakarta macet atau banjir, kalian akan menghujatnya. Tapi apa Jakarta pernah minta imbalan atas kesempatan dan kehidupan yang dia beri kepadamu???" Hmmm itu isi status fb Saye beberapa waktu lalu. Status itu, mewakili pembelaan Saye, waktu Ibukota Jakarta dipastikan lumpuh secara lalu lintas. Dari status tersebut ada jawaban yang sangat logis ; "Pernah, Jakarta meminta mereka teriak untuk persija/pergi, tapi mereka juga mengabaikannya" kata-kata ajaib dari seorang saudara sePersija.Ok, cukup ye..."status-status"nye (maklum fb). Sekarang kite bahas dari penafsiran saye terhadap jawaban status tersebut.. Yah, status lagi.. he8x. Kite bahas yang ntu aje. Klo soal banjir, ntar malah lebih buyar pembahasannye :) 

PERSIJA dan JAKARTA..dua kata yang membuat kita terharu bangga, dan membuat kita rela membelanya ketika ada yang mencibir. Contoh terdekat adalah waktu hari Rabu (03-11-2010) dimana saat itu PERSIJA maen di GBK. Sore itu, puluhan ribu Pecinta PERSIJA dateng ke GBK. Diwaktu yang bersamaan juga, jutaan umat JAKARTA selesai beraktifitas. Nah, kebayang dah kisruhnye.. Bukan rahasia lagi, kalo tiap PERSIJA maen di kandang ada aje yang ngeluh-ngeluh soal macet. 

Padahal, tanpa PERSIJA maenpun JAKARTA udah macet di jam-jam segitu. “Perhatian” dari kalangan luar supporter makin vocal. Di salah satu jejaring sosial, sempet ada perdebatan sengit.. Saye inget lagi soal notes yang dibikin Anto Jakampus UI, yang dulu pernah bahas soal-soal beginian. Terus Saye bandingin lagi sama masukan-masukan dari Gerry. Yang dapet buahnye begini :

Wajar, kalo pada akhirnya kita membela diri. Saat para hedonis-hedonis muda telat dateng ke “date’nye gara-gara macet. Emang JAKARTA dibangun buat mereka doank?! Kalo diibaratin nama jalan nih, mereka ibarat Jalan Sudirman – Thamrin. Dan kita ibarat gang-gang kecil seperti Jalan Jaksa dan Bendungan Hilir. Beda kasta beda kelas. Tapi apa mereka berhak menjudge kita seenaknya?! Ga lah!! Biar kate beda jalan, tetep aje adanye di JAKARTA.

Di Jakarta ada Patung Selamat Datang. Tapi belum pernah dibangun Patung Selamat Tinggal. Penafsiran Saye sih, Jakarta selalu membuka pintunya untuk semua orang yang berminat menghampirinya. Tanpa pernah bermaksud mengusirnya. 

Ayo-ayo, coba dah kite pikirin rame-rame, kita semua punya kewajiban menjaga JAKARTA biar lebih keren lagi. Setelah kita sama-sama pulang dari GBK, jaga juga kenyamanan para pengguna jalan. Terlebih lagi buat para pekerja wanita yang terkesan takut kalo liat rombongan oren – oren. Mungkin omongan-omongan ini sedikit mengulang dari banyaknya ilmu yang kita denger dari Bung Ferry.

Nah, intinye nih..yuk bangun sama-sama image positif soal nonton PERSIJA. Biar makin banyak lagi orang yang mau dateng ke GBK, atau bahkan tour tandang. Desain ulang lagi image-image yang sudah terlanjur nempel. Kalo kite adem-adem aje, 'ntu media-media sotoy juga ga bakal aneh-aneh lagi ngeberitain soal The Jak dan PERSIJA’nya. Buktiin kalo kite ga beda-bedain orang. Di teras stadion semua sama. Seperti Istiqlal yang bertetangga dengan Katedral.

Jika kita menjadi burung, tentu kicauan terindah yang akan kita dendangkan. Walau hanya 140 karakter.Terima kasih kawan, telah memberi prespektif berbeda dari sempitnya pandangan Saye selama ini..Saudara Se-PERSIJA

"Mereka boleh hedon, mereka boleh highclass, mereka boleh suka sama klub luar, tapi kita harus rangkul karena mereka Jakartan dan tinggal di jakarta, sama kayak bahasan yg tadi gang jaksa ma gang benhill.."
Gerry D'lounge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar