Selasa, 29 November 2011

LP UML 1 (Class diagram, Sequence diagram, dan Collaboration diagram)


 Class diagram, Sequence diagram, dan Collaboration diagram

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan class diagram, sequence diagram, dan collaboration diagram?
2. Berikan contoh masing-masing diagram tersebut?

Jawaban
1. Diagram kelas adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara satu dengan yang lain, serta dimasukkan pula atribut dan operasi. Class diagram merupakan diagram yang selalu ada di permodelan sistem berorientasi objek. Class diagram menunjukkan hubungan antar class dalam sistem yang sedang dibangun dan bagaimana mereka saling berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan. Class diagram berfungsi untuk memodelkan struktur kelas.

Sequence Diagram adalah diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar objects. Sequence diagram menjelaskan secara detail urutan proses yang dilakukan dalam sistem untuk mencapai tujuan dari use case: interaksi yang terjadi antar class, operasi apa saja yang terlibat, urutan antar operasi, dan informasi yang diperlukan oleh masing-masing operasi.

Collaboration Diagram adalah diagram untuk memodelkan interaksi antar objects. Collaboration diagram dipakai untuk memodelkan interaksi antar object di dalam sistem. Berbeda dengan sequence diagram yang lebih menonjolkan kronologis dari operasi-operasi yang dilakukan, collaboration diagram lebih fokus pada pemahaman atas keseluruhan operasi yang dilakukan oleh object.

2. class diagram
Sequence diagram

Collaboration Diagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar