Selasa, 29 November 2011

Lp Java 5 (Interface, Packed, dan Thread)

Interface, Packed, dan Thread


1.       Apa yang kalian ketahui tentang interface pada java?
2.       Apa yang kalian ketahui tentang packed pada java?
3.       Apa yang kalian ketahui tentang Thread pada java?

Jawaban
1.       Interface pada java adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature (atau constant).  Interface mendefinisikan sebuah (signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.

2.       Packed pada java adalah sebuah sarana untuk mengelompokan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Secara fisik, package dapat berupa folder yang berisi file file/kelas interface/enum lain yang kegunaannya hampir sama sehingga patut untuk dikelompokan. Package mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas didalamnya. Ada tiga langkah dalam membuat package yaitu pertama Mendeklarasikan dan memberi nama package, kedua Membuat struktur dan nama folder yang sesuai dengan struktur dan nama package, dan ketiga Mengkompilasikan kelas kelas sesuai dengan nama package masing masing. Dalam mendeklarasikan dan memberi nama package, suatu Deklarasi package harus diletakan pada bagian paling awal darisuatu source code setiap kelas yang dibungkus package tersebut.

3.       Thread pada java adalah kemampuan yang disediakan oleh Java untuk membuat aplikasi yang tangguh, karena thread dalam program memiliki fungsi dan tugas tersendiri. Dengan adanya thread, dapat membuat program yang lebih efisien dalam hal kecepatan maupun penggunaan sumber daya, karena kita dapat membagi proses dalam aplikasi kita pada waktu yang sama. Thread umumnya digunakan untuk pemrograman multitasking, networking, yang melibatkan pengaksesan ke sumber daya secara konkuren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar