Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah
TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung
mewakili kualitas sistem tersebut. Nama awal dari TUI adalah Graspable
User Interface (GUI), yang tidak lagi digunakan.
Ide
dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara sistem dan cara
anda mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna yang
mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke
perilaku yang mereka picu pada sistem.
Karakteristik TUI:
1. Representasi fisik komputasi digabungkan dengan informasi digital yang mendasari.
2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3. Representasi fisik perseptual digabungkan dengan representasi digital secara aktif dimediasi.
4. Keadaan fisik tangibles mencakup aspek kunci dari negara digital sistem
Salah
satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii,
seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Tangible Media
Group. visi tertentu Nya bagi Tangible UIS adalah Bits Tangible, yiatu
memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit-bit nya dapat
di maniplulasi secara langsung dan terlihat jelas. Tangible bits
mengejar kesamaan antara dua dunia yang sangat berbeda yaitu dari bit
dan atom.
Jadi
secara harfiah nya tangible user interface (TUI) adalah sebuah system
digital yang membuat sebuah benda menjadi nyata,dapat di sentuh di raba
dan memiliki bentuk.
Penerapan Tangible User Interface
- Mouse
Salah
satu penerapan TUI yang paling sederhana adalah pada mouse. Menyeret
mouse melalui permukaan datar dan gerakan pointer pada layar yang sesuai
merupakan cara berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi
objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan perangkat tersebut memiliki
hubungan yang jelas dengan perilaku yang dipicu sistem, misalnya
misalnya pointer bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse maju.
Teknologi ini membuat menjadi sangat mudah untuk menguasai perangkat
input dengan bantuan sedikit koordinasi tangan dan mata.
- Siftables
merupakan
perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki bentuk
menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface. Shiftable memiliki
jumlah lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta berinteraksi satu
sama lain tergantung pada posisinya. Shiftable yang terpisah tahu kapan
shiftable lain berada di dekat mereka dan bereaksi sesuai dengan
permainan user.
- Reactable
Reactable
adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan teknologi seni untuk
memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen dengan suara dan
menciptakan musik yang unik.
Instrumen
ini didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana satu set
pucks dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di permukaan (atau
membawa mereka pergi), dengan memutar mereka dan menghubungkan mereka
satu sama lain, pemain dapat menggabungkan unsur-unsur yang berbeda
seperti synthesizer, efek, loop sampel atau elemen kontrol dalam rangka
menciptakan komposisi yang unik dan fleksibel.
Begitu
setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi dan mulai
berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan kedekatannya.
Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai layar,
memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang terjadi di
Reactable, mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
- Microsoft Surface
merupakan
sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna
untuk berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama. Yang
menjadi perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika
disentuh, tetapi teknologi ini juga dapat mengenali objek yang
ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur sendiri perilaku yang terkait
dengan benda-benda serta bagaimana kita dapat memanipulasinya.
- Marble Answering Machine
Contoh
lain dari Tangiable User Interface adalah Marble Answering Machine
(Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer merupakan
suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke
piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
- Sistem Topobo
Blok
di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi juga
dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat
mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal
gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa gambar di atas meja
sistem dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan tangan,
pengguna dapat mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y
hanya sebagai salah satu program yang akan di cat. Sistem ini akan
mengintegrasikan kamera video dengan sistem pengenalan isyarat.
Sulit
untuk melacak dan mengabaikan jumlah yang berkembang pesat dari semua
sistem dan alat, akan tetapi sebagian besar dari vendor tampaknya hanya
memanfaatkan teknologi yang tersedia dan terbatas dengan beberapa
eksperimen awal dan melakukan tes dengan beberapa ide dasar atau hanya
mereproduksi sistem yang telah ada. Beberapa dari vendor berkiprah pada
interface dan dikerahkan pada ruang publik atau lebih cenderung dalam
instalasi seni.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar